I Made Wirawan

By | 9 Juli 2020

I Made WIrawan adalah penjaga gawang dengan tipikal pantang menyerah. Hal tersebut di buktikan ketika Indonesia bersua dengan Cina ketika Indonesia berlaga dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2013. Berkali-kali dia melindungi gawangnya dengan gempuran pemain Cina dengan intensif tinggi.

Penjaga gawang yang satu ini lahir di Gianyar, Bali pada tanggal 12 Januari 1981 ini memiliki postur tegap dengan tinggi 180 cm. I Made Wirawan juga terkenal pendiam di kalangan teman-temannya, sikapnya itulah yang membuatnya disukai oleh supporter Persib Bandung. Meskipun pendiam, tapi jangan pernah meremehkan kemampuannya dalam menjaga gawang. Dia bisa sangat kuat ketika menjaga gwang dengan tipe pekerja kerasnya itu.

I Made Wirawan Data Pribadi
Nama Lengkap I Made Wirawan
Tempat Lahir Gianyar, Indonesia
Tanggal Lahir 12 Januari 1981
Kebangsaan Indonesia
Klub Persib Bandung
Posisi Goal Keeper
Tinggi 1.80 m

I Made Wirawan pertama kali menginjakkan kaki di sepak bola profesional yaitu ketika berseragam Perseden Denpasar pada tahun 2003. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri, akhirnya dia mampu merebut posisi inti dalam tim tersebut. Kemudian pada tahun 2005 dia memutuskan hijrah ke Persekaba Kabupaten Bandung. Dari sinilah awal mula karirnya melonjak, akhirnya pada pertengahan tahun 2007 dia di transfer ke Persiba Balikpapan.

Pertama kali kedatangannya di Persiba Balikpapan adalah ketika Persiba masih berjuang di Divisi Utama Liga Indonesia. Pada mula kedatangannya di tim tersebut, banyak yang meragukan kapasitasnya menjaga gawang. Hal tersebut juga dipengaruhi karena performa penjaga gawang sebelumnya, Sumardi, menampilkan penampilan yang maksimal bersama klub yang berjuluk Beruang Madu tersebut. Selain faktor tersebut, Sumardi yang merupakan eks punggawa Timnas, namanya juga sudah melekat bagi pendukung sepakbola Balikpapan.

Tak butuh waktu lama untuk membuktikan keraguan masyarakat Balikpapan, dia menampilkan performa yang luar biasa apik. Pada saat itu, dia berhasil menepis berkali-kali serangan lawan dan puncaknya dia berhasil membawa tim Beruang Madu ini promosi ke ISL pada tahun 2009.

Penampilan apiknya bersama tim Balikpapan tersebut membuat banyak pihak menggodanya dan berusaha membujuknya agar hijrah dari tim tersebut. Akhirnya pada tahun 2012/2013, Persib Bandung lah yang sukses mendatangkan penjaga gawang kelahiran Bali ini. Tak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri bersama klub berjuluk Maung Bandung tersebut, dia sukses merebut posisi utama dan bahkan dilirik oleh Timnas Indonesia kala itu.

Karir
Klub Sekarang

2020 Persib Bandung (78)

Klub Junior

Klub Senior

2003 – 2005 Perseden Denpasar
2005 – 2007 Yahukimo FC
2007 – 2012 Persiba Balikpapan
2012 – Persib Bandung

Klub Nasional

2010 Indonesia

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.